Tips Merawat Notebook Maupun Netbook

  Senin, 30 Juli 2012      0

Notebook maupun netbook mempunyai komponen yang riskan dan perlu perlakuan khusus. Berbeda dengan komputer desktop yang mempunyai komponen-komponen yang lebih besar dan sirkulasi udara yang lancar sedangkan notebook dan netbook mempunyai komponen yang lebih kecil dan lebih sensitif.  Apabila perlakuan terhadap notebook maupun netbook tidak benar umur notebook maupun netbook tidak akan awet serta akan mengalami kerusakan dan harus dibawa tempat servis komputer. Maka perwatan notebook dan netbook perlu dilakukan untuk memperpanjang umur notebook. Berikut merupakan tips merwat notebook maupun netbook:

1. Processor
Pemantauan dan pembersihan ini sebaiknya dilakukan selama 3-4 bulan apalagi kalau notebook mempunyai jam terbang yang lebih tinggi. Hal ini dilakukan untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada processor. Debu yang menempel pada processor ini dapat mengakibatkan sirkulasi udara pada processor tidak lancar akibat nya suhu processor dapat meningkat bahkan tidak mungkin bisa terjadi overheating atau kelewatan panas. Tips ini sebetulnya bisa dilakukan bagi orang yang mempunyai kemampuan teknis. Hal ini dilakukan dengan membuka casing dengan pelahan-lahan setalah itu lepaskan processor dari slotnya dan bersihkan proocessor dengan perlahan dengan cara mengusap-usapnya dengan kuas halus dan bersih sebaiknya jangan terlalu kuat apalagi hingga menekanya. Tetapi bagi yang tidak pandai dalam masalah bongkar-bongkar notebook dapat dibawa ke gerai service terdekat dan terpercaya.
2. Harddisk
Sama halnya seperti processor harddisk harus dibersihkan dari debu-debu yang menempel padanya. Karena debu yang menempel pada harddisk dapat suhu harddisk meninggi dan mengakibatkan kinerja harddisk menurun. Pembersihan harddisk juga dilakukan dengan kuas yang bersih tanpa memberi cairan apapun.
3. Baterai
  •   Ketika mengecas kita sering lupa tidak melepaskan cargher dari nootebook maupun netbook ketika baterai tersebut telah penuh. Jika hal ini berlangsung lama bahkan terjadi selama berjam-jam ini akan mengakibatkan baterai cepat rusak. Baterai yang sebetulnya sudah penuh terus dipaksa untuk melakukan pengisian. Ini lah yang menyebabkan baterai notebook cepat panas dan akan membuat baterai akan lebih cepat ngedrop.
  •   Jangan terlalu sering menggunakan arus  AC karena baterai yang jarang digunakan membuatnya menjadi kurang awet. Dan kemampuan menyimpan arusnya menjadi kurang. Jangan sampai anda jarang menggunakan tenaga baterai notebook maupun netbook.
  • Bersihkan konektor baterai dari debu dan kotoran lainya. Hal ini dapat dilakukan dengan membersihkan konektor dengan cutton but atau kapas yang telah dicelupkan dengan alkohol bersihkan bagian konektor dengan hati-hati di ikuti bagian baterai yang lainya.
  •   Jangan biarkan baterai anda telalu sering atau terlalu lama mengalami kekosongan. Segera cas baterai jika sudah mulai melemah.
  •   Perawatan ini baterai dapat dilakukan sejak anda membeli baterai. Ketika anda membeli anda jangan langsung menggunakan daya baterai tersebut. Isi terlebih dahulu hingga benar-benar penuh. Setelah itu lakukan pengosongan daya. Lakukan tips tersebut sebanyak tiga kali berturut-turut. Tentang cara mengosongkan daya baterai anda dapat tanyakan lagsung ke counter-counter resmi penjual notebook karena pengosongan masing-masing merk dapat berbeda.
4. Keyboard
Anda dapat memasang pelindung keyboard untuk mengurangi debu kotoran lainya menempel pada keyboard. Dan selalu bersihkan keyboard dengan menggunakan kuas yang berukuran kecil atau menggunakan Vacum cleanner mini.
5. Monitor
Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga agar tampilan monitor baik adalah merubah kebiasaan kita menunjuk-tunjuk bagian monitor dengan menggunakan tangan atau benda lainya karena dapat meninggalkan goresan pada monitor. Hal selanjutnya yang anda lakukan adalah membersihkan layar dengan menggunakan cairan khusus pembersih layar atau kalau tidak  dengan air sabun. Semprotkan cairan tersebut pada kain pembersih usahakan menggunakan kain yang lembut dan bersih. Lalu bersihkan layar dengan satu arah dari kiri ke kanan atau atas kebawah jangan terlalu menekan layar monitor hal tersebut dapat menimbulkan goresan  Pada layar. Karena harga monitor pada notebook maupun netbook hampir setengah dari harga notebook maupun netbook tersebut ada baiknya kalau kita merawatnya dengan baik dari pada untuk membeli atau memperbaikinya.
Perlakuan lainya yang dapat dilakukan untuk merawat notebook maupun netbook.
Hindarkan mematikan notebook maupun netbook dengan sembarangan. Misalkan mematikan notebook maupun netbook langsung dari tombol power atau ketika tidak menggunakan baterai langsung mencabut langsung charger dari stop kontak. Ketika notebook maupun netbook dalam keadaan on atau sedang bekerja tiba-tiba dipaksa untuk mati maka hal tersebut dapat berakibat buruk bagi software maupun hardware nya. Misalnya harddisk dan processor bahkan ram dapat menerima akibat buruk dari perlakuan seperti ini.
Jangan menindih kan benda-benda berat di atas notebook maupun netbook karena dapat merusak komponen seperti monitor dan processor.
Usahakan menggunakan perangkat pendingin tambahan yang biasanya diletakkan di bawah notebook maupun netbook. Hal ini dapat mengurangi suhu panas dari notebook maupun netbook yang dapat mengurangi kemampuan hardware dari notebook maupun netbook itu sendiri.
Hindarkan meninggalkan notebook pada mobil saat siang hari. Karena pada saat di tinggal di mobil suhu notebook maupun netbook akan tinggi apalagi jika menaruhnya di tempat yang pas terkena terik matahari. Panas nya terik matahari dapat mempengaruhi warna casing menjadi buram dan terlihat jelek.
Jangan lah membuka engsel yang menghubungkan monitor dan komponen lainya dengan keras dan memaksa hal ini mungkin juga dapat mematahkan engsel tersebut.
Jauhkan dari notebook maupun netbook dari benda yang bermedan magnet. Karena komponen-komponen notebook biasanya terbuat dari materi logam dan besi. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja dari notebook dan netbook.
Sebaiknya tidak menaruh makanan dan minuman dekat notebook.
Kalau belum paham betul sebaiknya jangan membongkar notebook maupun maupun netbook. Karena notebook maupun netbook mempunyai komponen yang ringkih dan gmpang patah.
Jangan sering memindah-mindah notebook maupun netbook saat sedang beroperasi hal ini dapat merusak komponen harddisk.
Jangan menaruh notebook maupun netbook di atas lantai karena selain bisa terinjak kotoran maupun pada netbook dapat masuk dengan mudah lewat celah-celah bawah notebook maupun netbook.
Saat berpegian usahakan menggunakan tas khusus notebook maupun netbook yang terdapat karet penjepit yang dapat meindungi notebook maupun netbook dari berbagai kemungkinan yang dapat merusak notebook secara fisik.
Jika notebook maupun netbook dipakai terlalu lama usahakan istirahatkan dulu dan jangan menutup langsung notebook tersebut karena dapat mengakibatkan kerusakan pada layar karena suhu panas tersebut dapat merusak layar monitor mungkin akan menimbulkan bercak hitam pada monitor.
Sekiranya cukup sekian tips perwatan notebook maupun netbook. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati dan merwat lebih baik daripada memperbaiki. Semoga tulisan tersebut bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar